Oleh: eradzie | 09 20, 2010

Menunggu Jupiter Muncul

image

PAGI ini, usai menunaikan dua rakaat salat Subuh, saya tak lagi meneruskan keinginan untuk kembali ke pembaringan. Padahal, godaan itu cukup kuat sesaat sebelum membasuh muka. Tidur lagi menjadi keinginan kuat, karena dalam sepekan ini saya selalu memejamkan mata paling cepat pukul dua pagi.

Namun, godaan itu tak saya amini. Usai memanjatkan doa minimal, saya bergegas ke halaman rumah. Hari masih gelap. Langit hitam pekat. Pagi itu, satu-satunya yang putih adalah kucing yang menyambut saya begitu pintu saya buka. Ia merengek-rengek manja sembari membelai kaki saya.

Rengekan kucing tak cukup membendung niat saya untuk melangkahkan kaki menjangkau kerikil. Sembari refleksi kaki di bebatuan, mata saya mencari sesuatu di ufuk timur yang masih pekat. Mata saya hanya menemukan segumpulan awan hitam yang menyelimuti langit.

Saya tak menemukan yang saya cari. Mendung menyembunyikan keinginan saya untuk bisa melihat penampakan planet Jupiter.

Tempo Interaktif menulis “planet itu tidak akan tampak lebih besar atau lebih terang lagi sampai 2022. Jupiter akan melewati jarak 368.000.000 mil dari Bumi Senin (20/9) malam”.

Penampakan Jupiter ini berlangsung sepekan lamanya. Tak hanya Jupiter, Uranus juga sedang dalam posisi dekat dengan Bumi dalam sepekan ini. Tapi, Uranus hanya bisa dilihat dengan bantuan teropong dan teleskop. Ia akan terlihat membentuk disk berwarna zamrud pada posisi satu derajat di dekat Jupitef.

Jupiter bisa dilihat pada tengah malam tepat di atas kepala Anda. Di kala senja, ia bisa ditemukan di bagian timur. Saat matahari terbit di ufuk timur, ia muncul di barat.

Nah, selain langit diselimuti mendung, saya tidak bisa menemukan Jupiter karena rupanya salah melihat posisi. Seharusnya, pagi tadi mata saya mencari-cari Jupiter di timur. Pantesan, di arah timur saya hanya bisa menemukan Jupiter MX teman saya yang diparkir dekat garasi.

Oalah!

Batoh, 21.09.2010
[onmygreenrobot]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: